Image of Membangun Aplikasi Web-basedGIS dengan MAPServer

INFORMATIKA

Membangun Aplikasi Web-basedGIS dengan MAPServer



Pada saat ini adalah tidak mudah untuk memisahkan aspek-aspek spasial dengan properties (non-spasial terkait) yang dimilikinya. Untuk itulah sistem informasi geografis hadir di tengah-tengah kita. Dengan sistem ini, setiap penggunanya dapat lebih memaknai data spasial dari pada sekedar gulungan peta dan tabel-tabel hardcopy-nya.

Seiring dengan hadirnya teknologi internet, SIG-pun tumbuh lebih cepat dan beradaptasi lebih jauh. Ia bisa dimunculkan atau dipublikasikan melalui jaringan intranet dan atau internet. Dengan demikian, untuk melihat produk SIG, setiap orang tidak perlu selalu hadir secara fisik di lokasi dimana aplikasi tersebut berada. Setiap orang bisa menikmati web-based GIS dengan menggunakan aplikasi internet-browser di rumah masing-masing. Perangkat ini benar-benar membuat dunia semakin sempit saja.

MapServer adalah salah satu tool (program aplikasi CGI) yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi web-based GIS. Tool ini gratis, bersifat terbuka (ada source-code-nya), didukung oleh banyak pihak dan komunitas yang besar, mendukung penggunaan di beberapa sistem operasi, didukung oleh beberapa sub-tool dan framework yang selalu berkembang, dan relatif mudah untuk digunakan (bagi pemula sekalipun). Oleh karena itu, tidak mengherankan jika MapServer makin banyak digunakan oleh berbagai pihak (baik lembaga komersial maupun non-komersial) dari waktu-ke-waktu; termasuk di Indonesia.

Buku ini menjelaskan (berpola how to) penggunaan MapServer, tahap-demi-tahap, dari awal hingga ke bagian akhirnya. Pembahasan dimulai dari introduksi mengenai apa itu web-based GIS, MapServer dan instalasinya, pembuatan mapfile sederhana hingga lanjut, peta interaktif dengan tool navigasi dan query, javascript, PHP/MapScript, MapLab, Workshop MapServer, KaMap, mapfile maker, hingga framework Chameleon. Dengan suguhan materi-materi ini, diharapkan, setiap pembaca akan segera mendapatkan pemahaman yang lengkap (mengenai aplikasi web-based GIS) dan keterampilan dalam menggunakan MapServer yang selalu berkembang.


Ketersediaan

015INFORMATIKA (PEMOGRAMAN)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit INFORMATIKA : BANDUNG.,
Deskripsi Fisik
BAIK
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-3338-92-X
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this